Jumat, 29 November 2013

MENU MPASI 7 BULAN ( HOMEMADE )


MPASI SASA 7 BULAN+


MPASI di bulan kedua ini, saya memilih MPASI dengan sayuran.  Di bulan kedua mpasi ini, saya memakai aturan 2 harian untuk melihat ada alergi atau tidak. Tapi kadang juga saya tiap hari sudah ganti menu karena sudah tak sabar mengetahui. Apakah anak saya doyan sama yang dimasak bunda nya...

Menu MPASI 7+


Menu
Bahan Menu Dan Cara Penyajian.
Bahan menu.



1 - 2
*labu siam dipotong secukupnya. Kupas kulit nya. Lalu kukus. Blender / saring, haluskan. 
Puree labu siam.



3 -4
*jagung manis disisir. Cuci. Kukus.
* seledri ambil daun nya. Cuci. Kukus.
* saat penyajian, bisa dicampur atau dipisah, sesuai selera.
* tambahkan air hangat. Atur kekentalan.
* setelah semua matang, blender . saring jagung agar kulit ari jagung tidak membuat tersedak bayi.
puree jagung  + seledri.



5 - 6
*jagung manis disisir. Cuci. Kukus. blender . saring jagung agar kulit ari jagung tidak membuat tersedak bayi.
*kentang dipotong secukupnya. Kupas kulit nya. Lalu kukus. Blender / saring, haluskan.

puree kentang + jagung.




kacang hijau utuh  1 sendok makan dicuci, rendam dengan air panas dulu. Biar cepat matang. Kalo saya : cara masak nya dimasak di dandang, ditaruh di mangkok stainless stell.. masak sampai kacang hijau pecah . Blender / saring. Beri ASI / air hangat.

**oat  ½ sendok makan.. saya pakai merk Quacker oats yang warna biru.. masak dengan air sambil diaduk. Masak hingga lembut. Blender / haluskan. Tambahkan dengan Asi / air hangat. Atur kekentalan.

*bisa disajikan dicampur atau terpisah.

havermut oat  + kacang hijau




*tahu putih dilembutkan, kukus.
*labu siam dipotong secukupnya. Kupas kulit nya. Lalu kukus. Blender / saring, haluskan.
*bisa disajikan terpisah atau dicampur.

* untuk kuah, saya menambahkan kaldu ceker ayam. Karena saat ini usia anak saya 7,5 bulan.
  Jadi di minggu ini saya menambahkan protein.

 ** KALDU CEKER AYAM : 8 ceker ayam dicuci bersih, direbus dengan 1 liter air. Masak hinga air menyusut setengahnya. Setelah menyusut, tambahkan daun bawang.**

puree tahu + labu siam + kaldu ayam.




beras merah + jagung manis + labu siam + kaldu ayam.





beras putih + kacang merah 
*kacang merah dicuci, rendam +/- 1 jam dengan air panas. Masak hingga empuk. Blender dan saring.






tahu putih + jagung + daun seledri.





jagung + kentang + labu siam + kaldu ayam.





tahu putih + beras putih + kaldu ayam.






Pilihan menu dan bahan bisa disesuaikan dengan stok yang bunda punya ya..masakan masih tanpa garam dan gula.
Untuk penambah rasa gurih bisa ditambahkan kaldu ayam / sapi.







 
 Note : Maaf bila tidak ada gambarnya. Saya tidak sempat memfoto nya.
 Jadwal diatas bisa dikreasikan sesuai stok bahan yang bunda punya.

Semoga bermanfaat.

Be a smart Mom..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar