Rabu, 27 November 2013

MENU MPASI UNTUK BAYI USIA 6 BULAN HOMEMADE


 MPASI 6 BULAN

Setelah berjuang untuk ASI – X selama 6 bulan dan akhirnya lulus, inilah saat nya untuk masuk ke tingkat yang lebih tinggi lagi...yaitu MPASI yang kepanjangan nya Makanan Pendamping ASI yaa... bukan Makanan Pengganti ASI...

MENU MPASI SASA BULAN PERTAMA “ 6 bulan “..





Hari
Menu
Cara Penyajian
Keterangan
1 - 3
puree pir
Buah pir xiang lie / sweet dikupas kulit, di potong kecil – kecil lalu dikukus -/+ 3 menit. Lalu diblender / disaring. Tambahkan dengan ASI/ air hangat sedikit. Atur kekentalan.
saya memakai aturan 3 harian




4 - 6
Puree pepaya
Buah pepaya potong secukup nya.. saya pakai buah pepaya lokal yang merah..dipotong dan diblender / dihaluskan dan disaring. Tambahkan ASI / air hangat secukupnya. Atur kekentalan.
saya memakai aturan 3 harian




7-8
Puree labu kuning.
Buah labu dipotong secukupnya. Kupas kulit nya. Lalu kukus. Blender / saring, haluskan.  Tambahkan ASI / air hangat secukupnya. Atur kekentalan
Untuk puree labu kuning, saya Cuma 2 hari saja, karena bebi mengalami sembelit.




9 - 11
Puree beras merah
beras merah utuh  1 sendok makan dicuci, rendam dengan air panas dulu. Biar cepat matang. Kalo saya : cara masak nya dimasak di dandang, ditaruh di mangkok stainless stell.. masak sampai lembut seperti bubur. Blender / saring. Beri ASI / air hangat. Atur kekentalan.





12 -14
Puree kacang hijau
kacang hijau utuh  1 sendok makan dicuci, rendam dengan air panas dulu. Biar cepat matang. Kalo saya : cara masak nya dimasak di dandang, ditaruh di mangkok stainless stell.. masak sampai kacang hijau pecah . Blender / saring. Beri ASI / air hangat. Atur kekentalan.





15 - 17
Puree buah melon
Buah melon hijau dipotong secukupnya. Kupas kulit nya. Lalu kukus. Blender / saring, haluskan.





18 - 20
Puree buah semangka
Buah semangka dipotong secukupnya. Kupas kulit nya. Lalu kukus. Blender / saring, haluskan.







21 - 23
Puree haver mut atau Quaker oat ( sy pakai warna biru )
*havermut ½ sendok makan.. saya pakai merk Quacker oats yang warna biru.. masak dengan air sambil diaduk. Masak hingga lembut. Blender / haluskan. Tambahkan dengan Asi / air hangat. Atur kekentalan





24 - 26
Puree kentang
kentang dipotong secukupnya. Kupas kulit nya. Lalu kukus. Blender / saring, haluskan.





27 - 29
Puree nasi putih.
*beras putih utuh  1 sendok makan dicuci, rendam dengan air panas dulu. Biar cepat matang. Kalo saya : cara masak nya dimasak di dandang, ditaruh di mangkok stainless stell.. masak sampai lembut seperti bubur. Blender / saring. Beri ASI / air hangat. Atur kekentalan.








 Note : Menu yang saya cantumkan ini, bisa dikreasikan sesuai kreasi dan stok bahan yang ada.
Bisa Puree buah / sayur / karbohidrat ya.


 Note : Menu yang saya cantumkan ini, bisa dikreasikan sesuai kreasi dan stok bahan yang ada.

Maaf juga tidak ada gambar nya. Saya ga sempat memfoto hasil nya.
Jadi cuma ada jadwal nya saja.

Semoga bermanfaat..

Be a smart mom...

19 komentar:

  1. Inilah yg saya cari.....siap2 kasih MPASI ke Radya...makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bunda Nok'e : sama sama bunda...ini saya bikin nya menu sederhana yang mudah dicari dan tentu nya murah dikantong...semoga bermanfaat.

      Hapus
  2. Anak saya akhir bulan ni uda mulai MPASI...menunya oke banget tapi saya mau tanya utk jadwal waktu pemberian MPASInya gmn yah..mohon bantuannya.trima kasih ^___^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bunda Lissa : sama sama bunda...ini saya bikin nya menu sederhana yang mudah dicari dan tentu nya murah dikantong...semoga bermanfaat.

      Kalo saya usia 6 bulan pemberian mpasi nya karena masih tahap pengenalan jadi 2x sehari. 1 porsi nya sekitar 6 sendok makan ( bisa lebih bisa kurang ). Saya beri mpasi pure buah di pagi hari, sore pure sayur.

      Semoga bermanfaat.

      Hapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Kalo menu mpasi yg puree sayur ada ga? Jd setiap hari 2x pemberian ya? Pagi buah sm sore sayur? Begitu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bunda abrakadabra : maaf baru sy balas..kalo mau bikin yang pure sayur, misal labu.. nanti dikukus dl, lalu dihaluskan, dikasih air sedikit..dikasihnya sehari 2x..untuk usia 6 bulan saya pakai nya 1 sayur / buah untuk 3 hari, baru ganti dengan menu sayur / buah lainnya...

      Hapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. Cara masak Di dandangnya gmna mba..boleh minta detailnya ga

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf ya baru saya balas..kalo untuk simple nya bisa nasi putih 2 sendok makan, lalu dimasak di panci kecil tambhakan 1 gelas air ( -/+ 200 ml air ), masak hingga nasi melembut seperti bubur..jika kurang lembut bisa disaring / diblender ya soalnya usia nya masih 6 bulanan.

      Hapus
    2. kalo saya dimasaak di dandang soalnya ga punya panci kecil takutnya malah gosong bubur nya, bu..cara saya..panaskan dandang, lalu nasi 2 sendok makan di taruh di mangkuk stainless steel, ditambahkan air, masukkan ke dandangnya..masak hingga nasi melembut / lembut bubur, jangan lupa diaduk2 ya..jika kurang lembut bisa di saring / di blender..semoga membantu. jika kurang jelas, bisa ditanyakan lagi ya bu.

      Hapus
  7. Mba bisa di simpan di frezer ga? Soalnya kerja, takut Mertua ribet bikinnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf ya bu baru saya balas..boleh di simpan di frezer..masak nya bisa untuk 2 hari sekaligus..misal bikin puree melon : 2 potong melon besar di blender, di bagi 4, di simpan di kotak makan porsi kecil2..jadi 1 wadah kotak makan untuk 1x makan..biar simple..kalo mau makan, dicairkan dulu, baru ditambahkan ASI jika ingin.. semoga membantu..jika kurang jelas, bisa ditanyakan lagi ya..

      Hapus
  8. Itu pemberian MPASI 3 harian'a 1menu yg sama ato beda? ( contoh: pagi buah sore sayur)

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf bu, baru saya balas..selama 3 hari, jadwal pagi dan sore dengan menu yang sama.

      Hapus
  9. mssf bun msu tsnys, dengan menu makan mpasi tsb, ada masalah dgn pup nya ga ? mksh

    BalasHapus
  10. Bun.. Sy tertarik DG menu mp ask disini.. Tp sy bekerja, kira2 bs g ya mp asi di atas disimpan sampai sore? Klo be gmn caranya y?? Thank uuu

    BalasHapus
  11. Menu pertama MPASI 6bulan pagi puree buah dn sore puree sayur.di kasih tim y bulan k brp

    BalasHapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus